Ayam Pop Restoran Family Benteng : jamgadang04
Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » kuliner » Ayam Pop Family » Ayam Pop Restoran Family Benteng

Ayam Pop Restoran Family Benteng

(1277 Views) November 12, 2014 8:12 pm | Published by | No comment



Restoran family, terkenal dengan, ayam pop, ayam yang direbus dengan air kelapa dan bumbu-bumbu, digoreng sebentar sebelum disajikan. Warna ayam masih putih, digoreng dengan minyak panas, berkilat-kilat, ditambah dengan sambal balado, dan daun singkong. Rasa ayam sedikit manis, daging empuk, dicocol dengan sambal balado dicampur tomat, tidak terlalu pedas. Daun singkong hanya direbus, airnya dikeringkan, daun singkong pucuk, muda, renyah. Ayam, sambal balado, dan daun singkong diletakkan dalam piring kecil terpisah, di dalam piring sambal balado terdapat satu iris potongan tomat besar.

ayam pop restoran family benteng-dada hati dan ampela

 

 

 

 

 

 

 

 

Ayam pop Resep Ayam Pop Khas Bukittinggi disajikan dalam satu piring, terdapat paha, dada, dan ampela/hati ayam yang ditusuk sate, harga masing-masing sama. Jika, menginginkan di dalam satu piring hanya paha ayam saja, atau dada ayam, bisa dipesan. Jika ingin membawa pulang, saya selalu meminta penjual memisahkan antara nasi (dan ayam), dipisah dengan sayur singkong (dan sambal balado), agar sambal balado tidak menyerap ke dalam ayam, atau nasi, rasa berbeda. Porsi nasi banyak, satu bungkus bisa dimakan untuk dua orang. Ada juga yang memesan nasinya double, porsi lebih banyak lagi, bisa dimakan untuk 3 orang. Kalau makan di restoran, penjual meletakkan nasi di dalam mangkuk nasi, bisa diambil sesuai kebutuhan.




Tentu, seperti restoran Padang lainnya, restoran family juga menyediakan gulai babat, dendeng balado, gado-gado disiram bumbu kacang, dendeng paru, gulai ayam, ikan bakar, ikan tongkol asam padeh. Bermacam-macam jus : jus alpukat, jeruk, wortel. Penyajian menu diletakkan di dalam piring-piring kecil. Jumlah makanan dalam masing-masing piring tergantung besar kecil. Restoran Padang, Sederhana, Jakarta (dekat rumah saya) berbeda dengan restoran family Benteng. Di restoran family, tidak ada daftar harga makanan. Semua menu disajikan, makan, selesai makan pelayan restoran datang menghitung apa yang dimakan, dan bayar. Jadi sebelum makan, kita tidak bisa memperkirakan berapa harga yang perlu dibayar, sesuai harga makanan. Tidak ada daftar jenis makanan dan harga.

Restoran family, yang terkenal sudah ada sejak 80-an, terletak di benteng. Tahun 2000-an restoran family membuka cabang di Jl. Sudirman no. 79. Lokasi ini, lebih mudah dicapai saat memasuki kota, dari Padang, atau Padang Panjang, di sisi sebelah kiri jalan. Tapi saya tetap memilih makan di restoran family yang di benteng, karena lebih dekat dari rumah, tidak ramai, suasana benteng yang sepi, dan sejuk. Jarak dari jam gadang ke restoran family tidak jauh, kira-kira membutuhkan waktu 15 menit, dengan jalan kaki. Buka tiap hari sampai malam (pukul 21:00 WIB). Hari Lebaran pertama sampai ke tiga, restoran ini tutup.



This post was written by safitri ahmad
About

Saya arsitek lansekap dan urban planner, lahir dan besar di Bukittinggi. Sekarang di Jakarta dan sibuk dengan menulis arsitektur lansekap dan arsitektur, serta mengerjakan proyek arsitektur lansekap dan kajian perkotaan. Buku pertama saya "Gunawan Tjahjono : Arsitek Pendidik."

No comment for Ayam Pop Restoran Family Benteng

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


center>