4 Museum Tentang Minang di Sumatera Barat : jamgadang04
Menu Click to open Menus
Home » wisata » 4 Museum Tentang Minang di Sumatera Barat » 4 Museum Tentang Minang di Sumatera Barat

4 Museum Tentang Minang di Sumatera Barat

(93 Views) Desember 27, 2018 3:38 am | Published by | No comment



Museum yang memberikan informasi tentang Minangkabau terdapat di Bukittinggi, Padang, Padang Panjang, dan Batusangkar. Pada dasarnya ke tiga museum itu menceritakan tentang kehidupan orang Minang, adat istiadat, dan kehidupan sehari-hari. Setiap museum punya keunikan masing-masing, walau sama-sama memberikan informasi mengenai adat minang.

Museum yang paling lengkap memberikan informasi tentang Minang, Museum Adityawarman, di Padang. Museum ini dikelola dengan baik dan ruang pamer terdiri dari rumah gadang (bagonjong) dan bangunan yang ada di belakangnya. Semua nagari di wilayah Sumatera Barat ditampilkan di sini. Selain itu, di dalam satu ruangan, museum ini juga memberikan informasi tentang gempa yang terjadi di Padang.




Apa saja ke empat Museum itu?

1. Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau Padang Panjang ini lebih dikenal dengan nama Museum Bustanul Arifin, karena pusat dokumentasi ini didirikan atas prakasa A. Hamid dan keluarga Bustanul Arifin tahun 1993. Museum ini terletak di dekat Jl. Padang Bukittinggi.
2. Rumah Gadang Nan Baanjuang (Museum Rumah Gadang) di dalam Kebun Binatang Bukittinggi. Di dalam museum ini terdapat situs peninggalan dari masa lalu berupa batu, dan gambar asal-usul orang Minang. Sebelum masuk ke museum rumah gadang, harus masuk ke kebun binatang terlebih dahulu, membayar Rp. 15.000, setelah itu masuk ke museum, membayar lagi Rp. 10.000. Di dalam kebun binatang juga terdapat museum zoologi.
3. Museum Aditywarman terdiri dari 2 bangunan pamer ; rumah gadang dan bangunan di belakang rumah gadang. Barang yang dipamerkan antara lain ; baju adat Minangkabau dari semua Nagari yang ada di Provinsi Sumatera Barat, perhiasan, alat rumah tangga, senjata, dan perlengkapan/alat berburu masyarakat Minang.

museum adityawarman di Padang.

4. Museum Istano Basa Pagaruyuang di Batusangkar. Museum ini merupakan replika istana Minangkabau, tempat parkir luas, dan menggambarkan kondisi istana pada masanya ; dapur, kamar raja, kamar anak raja, rangkiang, surau, kolam (untuk mandi), dan kebun. Museum ini lebih menitikberatkan informasi tentang istana. Saya pergi bertiga, tapi hanya membeli dua karcis, teman kakak yang mengantar mengatakan cukup beli dua karcis, karena satu orang dianggap “pengantar”.



This post was written by safitri ahmad
About

Saya arsitek lansekap dan urban planner, lahir dan besar di Bukittinggi. Sekarang di Jakarta dan sibuk dengan menulis arsitektur lansekap dan arsitektur, serta mengerjakan proyek arsitektur lansekap dan kajian perkotaan. Buku pertama saya "Gunawan Tjahjono : Arsitek Pendidik."

No comment for 4 Museum Tentang Minang di Sumatera Barat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


center>