4 Jenis Mukena yang Dijual di Bukittinggi : jamgadang04
Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » wisata » oleh-oleh » Jenis Mukena yang Dijual di Bukittinggi » 4 Jenis Mukena yang Dijual di Bukittinggi

4 Jenis Mukena yang Dijual di Bukittinggi

(1862 Views) Juli 31, 2015 12:39 pm | Published by | No comment



Bukittinggi terkenal dengan mukena bordir dan sulaman. Pengrajin dan penjual terus berkreasi membuat mukena setiap waktu. Sehingga, motif bordir pada mukena, warna, dan perpaduan bordir dan sulaman dalam satu mukena, terus berganti. Jika pada musim tertentu yang menjadi tren motif bordir berbentuk bunga dengan benang warna-warni, maka pada musim berikutnya tren berubah, dengan mukena sulam bayang berpadu dengan bordir kerancang. Akan tetapi, warna putih dan motif mukena kerancang yang biasa, selalu tersedia. Pembeli dapat memesan sesuai motif yang diinginkan, waktu pengerjaan antara 4-6 minggu.

Toko yang menjual mukena di Bukittinggi tidak hanya menjual mukena bordir dan sulam dari Bukittinggi. Mereka menjual mukena asal Tasikmalaya, harga mukena lebih murah dari mukena Bukittinggi dengan kualitas yang berbeda.




Ada beberapa jenis mukena Khas Bukittinggi:

1). Mukena Bordir Kerancang : Menjahit bordir dengan menggunakan mesin manual. Jahitan bordir rapi dan rapat, hasil benang tebal dan berat, berlubang-lubang, (satu warna).

mukena bordir dengan kain warna.

2). Mukena Bordir Suji : Menjahit bordir dengan mesin khusus. Hasil jahitan, benang tipis, tidak rapi, tidak rata, tidak tebal, dan tidak berlubang. Lubang yang ada pada mukena menggunakan sorder (tidak dijahit secara manual seperti kerancang).

3). Mukena Bayang : Mukena yang menggunakan sulaman bayang. Sulaman bayang adalah nama sulaman yang dijahit dari belakang kain, tapi bayangan sulaman itu timbul di sisi depan kain. Dari kedua sisi, sulaman ini sama-sama bagus. Dari sisi depan, yang terlihat pinggir bunga, dan daun yang dijahit, dan bayangan bunga. Dari sisi belakang, bentuk bunga yang dijahit penuh. Jenis kain yang digunakan harus khusus, agar bayangan bunga di belakang kain muncul.

4). Mukena gabungan Bordir Kerancang dan Sulam Bayang. Saat ini ada kreasi baru menggabungkan bordir dan sulam bayang dalam satu mukena. Sulam bayang terdapat di bagian punggung, sedangkan bordir di bagian bawah mukena.

Jenis kain yang digunakan untuk mukena bordir berbeda-beda, ada kain katun, kain katun silky, sutera, dan rubia. Kain rubia mempunyai motif, sehingga lebih sulit dalam mengerjakan jahitan bordir.



This post was written by safitri ahmad
About

Saya arsitek lansekap dan urban planner, lahir dan besar di Bukittinggi. Sekarang di Jakarta dan sibuk dengan menulis arsitektur lansekap dan arsitektur, serta mengerjakan proyek arsitektur lansekap dan kajian perkotaan. Buku pertama saya "Gunawan Tjahjono : Arsitek Pendidik."

No comment for 4 Jenis Mukena yang Dijual di Bukittinggi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


center>