3 Museum Tokoh Minang (Sumatera Barat) : jamgadang04
Menu Click to open Menus
Home » wisata » Tujuan wisata » 3 Museum Tokoh Minang (Sumatera Barat) » 3 Museum Tokoh Minang (Sumatera Barat)

3 Museum Tokoh Minang (Sumatera Barat)

(174 Views) Desember 27, 2018 3:40 am | Published by | No comment



Ada tiga museum tentang tokoh di Sumatera Barat, museum ini memberikan informasi tentang kehidupan tokoh tersebut serta karya-karya yang dihasilkan. Museum setiap tokoh berada di tempat ia berasal. Ada museum yang dikelola oleh pemerintah kota, seperti museum Bung Hatta, tapi ada museum yang dikelola secara pribadi, seperti museum Taufik Ismail.




Ada 3 museum tokoh yang dibuka untuk umum.

1. Museum Bung Hatta, terletak di Bukittinggi, di pasar bawah. Museum itu sebelumnya merupakan rumah orang tua Bung Hatta. Rumah tersebut direnovasi, sehingga menggambarkan keadaan rumah pada saat Bung Hatta masih bermukim di rumah itu. Museum ini memberikan informasi tentang keluarga Bung Hatta, kamar Bung Hatta dilahirkan, kamar Bung Hatta saat remaja lengkap dengan tempat tidur, meja, dan lemari, yang berisi buku-buku karyanya. Museum ini terbuka untuk umum dan dikelola oleh pemerintah kota Bukittinggi. Parkir terbatas, jika pengunjung yang datang berombongan dan menggunakan bus dapat parkir di depan museum.

Rumah Kelahiran Bung Hatta, persis di jalan besar Jl. Soekarno-Hatta. Ada papan nama tertulis rumah Kelahiran Bung Hatta. Rumah terbuat dari kayu dan berlantai 2

2. Museum Taufik Ismail. Museum ini berada dalam satu komplek dengan Hotel Aie Angek (daerah Padang panjang). Bangunan museum terletak di sebelah hotel. Museum terletak di jalur Jl. Padang- Bukittinggi, dari arah Padang di sebelah kanan, tidak terlihat dari jalan, hanya ada papan informasi dengan tulisan Museum Taufik Ismail. Museum ini berisi karya-karya sastra Taufik Ismail dan dikelola secara pribadi. Hotel Aie Angek milik fadlizon, politisi, dan kegiatan literasi sering diadakan di komplek Hotel aie angek ini, salah satunya launching buku karya fadlizon tentang musisi Sumatera Barat.
3. Museum Buya Hamka, museum ini terletak di dekat danau Maninjau, tempat buya Hamka berasal. Sama seperti museum Bung Hatta, berupa rumah keluarga Bung Hatta, begitu juga dengan museum Buya Hamka, rumah keluarga Buya Hamka. Di museum ini ada pemandu yang akan menceritakan kehidupan buya Hamka.



This post was written by safitri ahmad
About

Saya arsitek lansekap dan urban planner, lahir dan besar di Bukittinggi. Sekarang di Jakarta dan sibuk dengan menulis arsitektur lansekap dan arsitektur, serta mengerjakan proyek arsitektur lansekap dan kajian perkotaan. Buku pertama saya "Gunawan Tjahjono : Arsitek Pendidik."

No comment for 3 Museum Tokoh Minang (Sumatera Barat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


center>